Berikut Ini Cara Menghemat Listrik Di Rumah


Seperti yang sudah diketahui bersama, bahwa listrik ini merupakan salah satu energi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Bahkan bisa dibilang hampir semua aktivitas manusia tidak terlepas dari listrik ini. Misalnya, untuk menghidupkan lampu, tv, radio, dan barang-barang elektronik lainnya. Namun semua itu jika dilakukan secara berlebihan, akan membuat tagihan listrik PLN rumah anda membengkak. Untuk itu, dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang cara menghemat listrik di rumah sebagai berikut :

1. Gunakan Setrika Dengan Pengatur Panas Otomatis

Setrika ini merupakan salah satu peralatan elektronik di dalam rumah tangga yang memiliki ukuran relatif kecil. Namun, walaupun ukurannya kecil ternyata setrika ini membutuhkan daya listrik yang cukup besar, bahkan lebih besar dibandingkan dengan tv atau barang-barang elektronik lainnya. Maka dari itu, salah satu cara untuk menghemat listrik adalah dengan menggunakan setrika yang memiliki pengatur panas otomatis. Sehingga setrika ini akan mati dengan sendirinya ketika suhu panasnya sudah cukup tinggi. Bukan hanya itu, sesuaikan juga panas yang digunakan dengan bahan pakaian yang akan anda setrika tersebut.

2. Gunakan Mesin Cuci Sesuai Dengan Kebutuhan

Dalam hal ini hindari memilih mesin cuci dengan kapasitas yang terlalu besar, karena jika semakin besar kapasitas mesin cuci maka semakin besar pula daya listrik yang dibutuhkan. Untuk itu sesuaikan kapasitas mesin cuci dengan jumlah pakaian cuci anda sehari-hari.

3. Gunakan Lemari Es Dengan Bijaksana

Lemari es ini merupakan alat elektronik yang selalu menyala dengan waktu yang cukup lama. Namun jika anda akan bepergian jauh selama beberapa hari atau tidak ada makanan serta minuman di dalamnya, maka sebaiknya lemari es tersebut dimatikan saja supaya tidak banyak menyedot daya listrik yang membuat tagihan listrik anda bertambah. Selain itu, hindari juga pengaturan suhu lemari es yang terlalu rendah, karena semakin rendah suhu pada lemari es, maka konsumsi daya listrik yang dibutuhkan juga akan semakin besar. Dan jangan lupa, lakukan perawatan secara rutin supaya suhu lemari es anda tetap terjaga tanpa menyedot daya listrik secara berlebihan.

4. Gunakan Lampu LED

Perlu anda ketahui, bahwa penggunaan lampu teknologi LED ini bisa menghemat penggunaan daya listrik. Lampu LED ini memiliki cahaya yang sama terangnya dengan lampu biasa dengan watt normal, namun lampu LED ini memiliki harga yang cukup mahal, bisa 2 kali lipat dari harga lampu biasa. Dengan menggunakan lampu LED ini, selain bisa menghemat energi listrik juga awet dan tahan lama. Sehingga tidak ada salahnya jika anda membeli lampu dengan harga yang lebih mahal, namun bisa menghemat energi listrik serta awet dan tahan lama, sehingga anda tidak perlu sering mengganti lampu karena putus.

5. Jangan Menghidupkan Rice Cooker Secara Terus Menerus

Biasanya setelah nasi matang, maka rice cooker ini akan beralih fungsi ke mode penghangatan nasi. Dan tentunya akan membuat alat ini terus beroperasi dalam menghangatkan nasi dengan waktu yang cukup lama, bahkan bisa seharian penuh. Hal ini tentunya bisa membuat tagihan listrik menjadi meningkat, karena daya listrik banyak digunakan untuk alat ini. Oleh karena itu, sebaiknya matikan saja alat ini ketika tidak digunakan. Nyalakan saja beberapa menit sebelum anda mau makan untuk menghangatkan nasi. Sehingga dengan demikian anda bisa menikmati nasi yang hangat tanpa harus menyalakan alat ini seharian.

Mungkin itu saja informasi kali ini semoga ada guna dan manfaatnya.

penulis

Leave a Reply

Your email address will not be published.