Tips Parenting untuk Mengatasi Anak yang Selalu Aktif

Memiliki anak yang aktif merupakan sebuah berkah bagi orang tua. Anak yang aktif menandakan ia sehat dan kebal penyakit. Keaktifan anak juga akan merangsang daya kreatifitasnya. Sebagai gantinya, orang tua pun harus selalu aktif dan siaga untuk men-support anak sehingga tumbuh kembangnya optimal. Nah, berikut tips parenting bagi Anda yang memiliki anak yang selalu aktif.

Berikan Asupan Gizi yang Cukup

Hal pertama yang harus Anda perhatikan ketika memiliki anak yang aktif adalah asupan gizinya. Anak yang aktif membutuhkan gizi yang mencukupi untuk menunjang aktivitasnya. Asupan gizi ini akan menjadi penentu kesehatan anak ketika ia lebih aktif bermain di luar.

Asupan gizi yang cukup adalah yang mengandung energi, protein, vitamin, kalsium dan zat besi. Kesemuanya dapat ditemukan dalam kandungan ASI. Namun, anak yang sudah tumbuh aktif diatas 2 tahun dapat tercukupi gizinya dengan makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Dengan begitu, Anda tak perlu khawatir kesehatan anak Anda meski selalu aktif di luar.

Berikan Informasi Terperici

Anak yang aktif sekalipun akan merasa kebingungan atau gelisah ketika ia menghadapi lingkungan yang baru. Anda dapat menyampaikan informasi mengenai lingkungan yang baru secara terperinci kepadanya. Ini akan membantunya dalam mengeksplorasi lingkungan baru tersebut.

Beritahukan juga jadwal kegiatan sepanjang hari. Ini akan menolong Anda mengatur si kecil jika Anda bersamanya sepanjang hari. Misalnya beritahukan bahwa setelah sekolah ia akan ikut ke minimarket terdekat untuk berbelanja. Beritahukan juga informasi bahwa ia boleh memilih makanan ringan namun tidak boleh membeli mainan.

Tetapkan Aturan yang Jelas

Anak yang selalu aktif akan lebih mudah “dikendalikan” apabila diberi aturan yang jelas dan konsisten. Misalnya, si kecil tidak boleh bermain di luar sebelum mandi dan mengerjakan PR. Aturan harus dibuat sejelas mungkin agar ia tidak bingung. Orang tua juga harus selalu konsisten dalam aturan ini. Sekali ia diberi kelonggaran maka ia akan selalu menawar aturan.

Temani Anak Anda Bermain

Anak yang hiperaktif, bisa jadi hanya mencari perhatian kepada orang tuanya. Anda sebagai orang tua dapat menemaninya dalam bermain agar ia tidak bosan. Permainan yang tepat dapat merangsang kreativitasnya.

Permainan yang cocok bagi si kecil yang aktif adalah permainan yang mengandalkan motorik anak. Ia tidak akan suka dengan permainan tebak-tebakan namun ia akan suka bermain bola. Berikan permainan yang lebih mengandalkan praktek dibanding asah otak.

Itulah tadi tips parenting bagi Anda yang memiliki anak yang selalu aktif. Kenali anak Anda dan berikan treatment yang tepat agar tumbuh kembangnya senantiasa optimal. Jangan memaksakan anak yang aktif agar diam karena hal tersebut akan menghambat pertumbuhannya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.