Tips Persiapan Mudik Lebaran Yang Lebih Aman

Mudik atau pulang ke kampung halaman merupakan kebiasaan yang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia di tiap-tiap hari raya Idul Fitri untuk merayakan Lebaran bersama-sama sanak saudara.

Sebaiknya Anda merencanakan mudik lebih dini supaya perjalanan pulang kampung kali ini lebih lancar dan tenang. Berikut ada beberapa hal yang dapat dipersiapkan menjelang mudik ke kampung halaman.

  1. PilihTransportasi Mudik Andalan

Terdapat 2 pilihan transportasi. Anda dapat menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kapal, bis atau kereta api atau menggunakan kendaraan pribadi. Setiap moda transportasi tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mudik dengan memakai transportasi umum tentunya tidak membuat Anda lelah sebab tidak mesti berkendara sendiri, cukup duduk yang manis. Tetapi sebelumnya Anda mesti memesan tiket perjalanan sejak jauh-jauh hari. Pasalnya satu bulan sebelumnya tiket transportasi antar kota biasanya telah mulai habis terjual. Ketika menjelang Lebaran harga tiket menjadi lebih mahal. Namun bila Anda mudik sekeluarga akan lebih berhemat bila mempergunakan kendaraan pribadi.

  1. Bikin Daftar Barang

Buatlah daftar barang bawaan sebelum berangkat. Khususnya untuk Anda yang mengadakan perjalanan darat menggunakan kendaraan pribadi. Daftar ini akan memperkecil kemungkinan barang tertentu lupa Anda bawa. Benda-benda yang mesti masuk daftar adalah pompa penyedot bensin, kabel jumper, kunci stir, toolkit, dongkrak, dan ban serep.

  1. Peta dan Alat Navigasi

Anda bisa memanfaatkan kemudahan akses aplikasi Waze atau Google Maps sebagai teman perjalanan agar tak nyasar. Bisa juga menggunakan peta mudik yang dibuat secara khusus untuk para pemudik dengan informasi lengkap di dalamnya.

  1. Siasati Kebutuhan Uang Tunai

Ketika Ramadhan dan Hari Raya sudah menjadi hal biasa jika uang di ATM habis. Jadi, janganlah heran bila Anda mengalami kesulitan saat mencari ATM guna menarik uang tunai. Untuk itu siapkanlah persediaan uang tunai sebelum mudik. Tidak perlu membawa uang tunai banyak-banyak sebaiknya sih secukupnya saja.

  1. Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Baik

Mudik menggunakan kendaraan pribadi penting untuk mempunyai asuransi kendaraan, dan upayakan yang memberikan perlindungan lengkap terhadap kecelakaan. Tidak hanya melindungi kendaraan jika terjadi kehilangan, bencana alam, kecelakaan, kerusakan, tetapi pula yang menjaga keselamatan Anda beserta keluarga.

  1. Perlengkapan P3K

Isilah Kotak P3K Anda dengan obat-obat ringan, seperti obat anti mabuk, losion nyamuk, obat sakit kepala, betadine, rheumason, dan minyak angin. Hal ini pula berlaku untuk Anda yang menggunakan transportasi umum, namun bawalah obatan-obatan seperlunya saja supaya tidak akan menambah berat barang bawaan Anda.

  1. Hiburan

Perjalanan mudik kadang-kadang menghabiskan waktu beberapa jam dan dapat membuat Anda jenuh ketika ada di dalam kendaraan. Terlebih bila Anda terjebak macet. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengisikan lagu-lagu favorit di ponsel, mengunduh game atau film dan membawa buku bacaan. Hal ini dapat menjadikan Anda tidak akan mati gaya dan menghindari stres selama dalam perjalanan.

Nah, sesudah 7 hal di atas Anda penuhi, pastinya perjalanan mudik Anda akan menjadi lebih nyaman dan tenang.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.